Mainstreaming Gender dalam Peringatan Hari Ibu di Desa Bumimulyo Kecamatan Batangan Kabupaten Pati.

Peringatan Hari Ibu di Desa Bumimulyo Kecamatan Batangan Kabupaten Pati dilaksanakan secara meriah dengan mengadakan sejumlah lomba-lomba pada Hari Minggu tanggal 23 Desember 2018 di Balai Desa Bumimulyo.

Peringatan ini dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-90 Tahun 2018 dengan Tema yang diusung kali ini ialah “Bersama Meningkatkan Peran Perempuan dan Laki-Laki Dalam Membangun Ketahanan Keluarga Untuk Kesejahteraan Bangsa”.

Sebagaimana yang telah dilakukan oleh pemerintah Desa Bumimulyo, PKK dan Bumdes Tambak Jaya beberapa tahun terakhir ini telah mendukung kesempatan berusaha bagi perempuan dengan melakukan pengembangan usaha olahan makanan dan kerajinan membatik untuk ibu-ibu di Desa Bumimulyo.

Sebenarnya selalu ada kesempatan bekerja di Desa Bumimulyo baik di sektor pertambakan ikan dan garam baik untuk laki-laki maupun perempuan. Hanya saja seluruh pekerjaan tersebut mengandalkan kekuatan fisik, bagaimana dengan perempuan yang sudah mulai paruh baya dan sudah berkurang kekuatan fisiknya ? PKK dan pemdes Bumimulyo menjawab dengan memberi kesempatan berusaha dengan mengadakan sejumlah pelatihan membatik dan pembuatan olahan makanan. Kegiatan ini didukung oleh bumdes Tambak Jaya dari sisi permodalan dan penjualan. Salah satu bentuk program yang sudah Mainstreaming Gender (Pengarusutamaan Gender) dalam pembangunan di desa.

 

Pada  kesempatan ini dilakukan berbagai kegiatan lomba antar RT unt ibu-ibu yaitu:

  1. Lomba cerdas cermat dgn materi seputar Desa Bumimulyo
  2. Rias artis, untuk mencari potensi warga dan mendukung kegiatan Sedekah Bumi dimana Ds. Bumimulyo selalu mengadakan kirab budaya setiap tahunnya.
  3. Kerajinan inovasi Ds. Bumimulyo, untuk mencari kerajinan yg tepat sbg pendamping kerajinan batik tulis “Asem Mujil” yg sdg berkembang dgn BUMDes yg nantinya sbg ujung tombak pemasaran. Dimana hingga saat ini ada sejumlah produk yang sudah dihasilkan seperti aneka snack, Rangin Pelangi, krupuk ikan, abon ikan dan masih banyak lagi.

PDP Batangan M. Agus Prijadi.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan