Peringati Hari Ibu, Tim Penggerak PKK Desa Bumimulyo Batangan Gelar Lomba Ibu – ibu Antar RT

 

Minggu 22 Desember 2019 – Dalam rangka memperingati Hari Ibu ke 91, Tim Penggerak PKK Desa Bumimulyo menggelar gebyar lomba ibu-ibu antar RT dengan tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”. Adapun cabang lomba yang diselenggarakan adalah lomba membuat aneka sambal, lomba merias, dan lomba paduan suara. Gebyar lomba ini diadakan di area Balai Desa Bumimulyo dengan jumlah peserta 8 orang untuk lomba paduan suara, 1 perias dan 1 model untuk lomba merias, dan 1 orang untuk lomba membuat aneka sambal yang masing-masing diikuti oleh 15 RT. Para peserta lomba terlihat antusias dalam perlombaan.

Menurut Ibu Sri Muryanti, S. Pd. M. Pd., gebyar lomba ini selain untuk meramaikan perayaan hari ibu juga bertujuan mengembangkan potensi-potensi warga Desa Bumimulyo terkhusus ibu-ibu. Lomba paduan suara ditujukan untuk melestarikan budaya jawa selain mengembangkan potensi ibu-ibu dalam paduan suara. Hal ini dikarenakan materi lagu yang digunakan untuk lomba adalah tembang dolanan jawa yakni : cublak-cublak suweng, kodok ngorek, ande-ande lumut prahu layar, padhang bulan, walang kekek, lir ilir, gundhul-gundhul pacul, jangkrik genggong, jaranan, menthok-menthok, dan suwe ora jamu. Sedangkan lomba merias diikuti oleh eks peserta pelatihan rias dari BLK agar ilmu yang didapatkan bisa dapat dieksplor lagi. Lomba aneka sambal juga diadakan untuk mengeksplor kemampuan ibu-ibu dalam mengolah sambal. Selanjutnya hasil sambal kedepanya akan dikemas dan dibantu pengurusan ijin dagangnya, sehingga dapat menjadi produk bernilai jual yang dapat membantu perekonomian warga Desa Bumimulyo khususnya Ibu-ibu.

Peserta dan warga lainya terlihat antusias terhadap lomba. “Saya membuat sambal kalasan. Semoga sambal saya mendapat juara dan disukai orang. Namanya sambal kalasan makmooyyy.” ujar ibu Moyong salah satu peserta lomba membuat aneka sambal. Salah seorang warga bernama Ibu Jumi pun berpendapat puas mengenai gebyar lomba yang diadakan. “Gebyar lomba yag diadakan sangat menarik, semoga dapat mengembangkan potensi warga desa bumimulyo dan menginspirasi desa lain”. Terakhir, Sri Muryanti berjanji akan terus berkomitmen mengadakan gebyar lomba serupa untuk mengembangkan potensi warga desanya.

Agus Setiawan

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan