Desa Bumimulyo Gelar Musdes Perubahan APBDes, Musdes Khusus BLT DD, dan Musdes Rkpdes 2021

Bumimulyo, Rabu 22 Juli 2020 ⇒ 19.30

Kepala Desa Bumimulyo, Sutiyono memimpin Musyawarah Desa perubahan APBDes tahun 2020, Musdes Khusus BLT DD, dan Musdes Rkpdes 2021 di Balai Desa Bumimulyo, Rabu (22/7) di dampingi Bpk Camat Batangan Subono, SH. MM dan Ketua BPD Desa Bumimulyo, Supratiknyo, SH.

Pembukaan dan sambutan dari Kepala Desa Bumimulyo beserta ucapan terimakasih kepada para tamu undangan yang telah hadir dalam rapat pada malam hari ini. Kegiatan musdes ini ada 3 kegiatan sekaligus, yaitu Perubahan APBdes 2020, Musdes Khusus BLT DD 2020 dan Musdes Penyusunan RKPDes tahun 2021. Saya juga berterima kasih Selama ini melihat para tokoh masyarakat melaksanakan kegiatan secara bersama sama, seguyub berjalan bersama-sama. Diharapakan kepada semua Ketua RT harap warganya dihimbau dan selalu diingatkan melaksanakan kegiatan sesuai protokol kesehatan. Dalam Musdes ini tentang penyaluran BLT DD yang semula 3 Bulan 600.000/ bulan (April, Mei , Juni ) di perpanjang 3 bulan lagi 300.000/bulan (Juli,Agustus,September). Yang tidak menerima BLT dari Bantuan Sosial maka dimasukkan dalam BLT DD 2020. Kami pun berharap memang KPM 40 orang ini benar benar oarang yang tidak mampu dan sangat membutuhkan.
Memang untuk anggaran DD perubahan yang semula bangunan fisik dialihkan untuk BLT DD 2020. Kegiatan peralihan pembangunan fisik yaitu :
1. Pembangunan Gedung Sanggar seni (olahraga)
2. Pemavingan jalan lingkar
3. Saluran Kali Tambak

Mudah mudahan tahun 2021 masih ada bantuan DD untuk kegiatan pembangunan yang ada di desa. Jikalaupun tidak ada DD maka diharapkan bisa dapat dari Aspirasi.

Sambutan Ketua BPD : Bapak Supratikyo
Bahwa kita sebagai warga harap selalu melaksanakan protokol kesehatan sebagai mana mestinya supaya dapat mengurangi penularan covid 19. Karena yang namanya pandemi virus corona ini tidak tahu kapan berakhirnya. Untuk musdes penyusunan RKPDes tahun 2021, monggo masyarakat diharapkan mengusulkan apa yang menjadi usulan prioritas pembangunan di desa Bumimulyo.

Sambutan Bapak Camat Batangan : Subono,S.H.MM
Kegiatan musdes ini ada 3 kegiatan sekaligus, yaitu Perubahan APBdes 2020, Musdes Khusus BLT DD 2020 dan Musdes Penyusunan RKPDes tahun 2021, disamping menghemat waktu tapi juga menghemat tenaga dan biaya. Berkaitan dengan BLT khusus BLT Dana Desa memang diwajibkan ditambah 3 bulan lagi karena sesuai perintah Presiden dan perbub harus wajib dilaksanakan. Tidak ada kepentingan politik, karena ketika ada kewajiban yang mengharuskan BLT DD diperpanjnag 3 bulan lagi kedepan. Berkaitan dengan adanya wabah covid, perubahan maksimal 1 kali kecuali keadaan daurat/mendesak seperti adanya pandemi covid 19. KPM mendapat bantuan BLT DD 600.00/bulan sejak bulan April,Mei,Juni dan sekarang adanya tambahan 300.00/bulan terhitung bulan Juli,Agustus,September. Dan Desa Bumimulyo jumlah KPM 40. Untuk perpanjangan bantuan yang ada baru juknis dan perbub baru dari DD, selain DD belum ada informasi lebih lanjut.
Penyusunan RKPDES tahun 2021 juga nanti akan dilaksanakan bersamaan, dan ini bersifat awal sebelum adanya Musrenbang dan dilanjutkan Penetapan APBDes. Untuk masing-masing ketua RT dan ketua RW diharapkan mengusulkan program program pembangunan yang ada di Desa Bumimulyo berdasarkan kepentingan umum dan bersama-sama bukan karena kepentigan perorangan/ individu.

Sementara itu, Kepala Desa Bumimulyo, Sutiyono mengatakan masyarakat jangan terlalu khawatir untuk melawan Covid-19 karena pemerintah desa tidak tinggal diam dan akan memperhatikan masyarakat dengan bertindak sesuai dengan tupoksi masing masing.

“Untuk bahaya Covid-19 ini masyarakat tetap waspada dan jangan terlalu khawatir karena pemerintah tidak akan tinggal diam, baik itu di tingkat desa. Kami akan memberikan pemahaman dan memberikan alat yang dibutuhkan untuk penanganan Covid-19 dan terus berupaya memutus rantai penyebaran virus Corona,” pungkasnya.

 

Agus Setiawan

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan