Dua warga Bumimulyo mengikuti pelatihan managemen Bumdesma

Bumimulyo, 5 Agustus 2020

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Pati mengadakan Pelatihan Keterampilan Managemen dan Peluang Usaha bagi Bumdesma Tahun 2020. Pelatihan diadakan selama 2 hari di Aula Dispermades Pati pada tanggal 4 – 5 Agustus 2020. Pelatihan ini diikuti oleh 7 Bumdesma yang setiap Bumdesma masing-masing diundang 2  orang pengurus. Dari Desa Bumimulyo ada 2 orang yang diundang yaitu dari Bumdesma Guyub Rukun Bapak Emma Sucihono dan dari Bumdesma Garam Barokah Faisol.

Kegiatan ini mendatangkan narasumber dari Tenaga Ahli Madya Pengembangan Ekonomi Lokal Prov. Jateng, Disdagperind Kab. Pati Bapak J. Harnoko S.Pi. MM dan Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Pati Ibu Yuli Nuriyani ST. M. Eng. Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Dispermades Bapak Sudiyono MM.

Sebagaimana yang diketahui bahwa di Kecamatan Batangan sudah ada 3 Bumdesma yaitu:

  1. Bumdesma Mina Tri Manunggal (Desa Kedalon, Pecangaan dan Gajahkumpul bergerak di bidang penangkapan ikan.
  2. Bumdesma Garam Barokah (Desa Bumimulyo, Jembangan dan Lengkong) bergerak di bidang pabrik garam .
  3. Bumdesma Guyub Rukun (18 desa) bergerak di bidang pengadaan garam.

Pak Harnoko menjelaskan bahwa Bumdesma Garam Barokah sudah memiliki modal utama untuk membuat garam, hanya perlu pembinaan dan pendampingan untuk menggerakkan usahanya. Ibu Yuli menambahkan tentang perizinan-perizinan yang harus dilengkapi Garam Barokah untuk menjalankan usaha tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Pak Harnoko juga menjelaskan tentang peluang usaha Garam Industri yang masih punya peluang besar untuk dipasarkan di Indonesia. Hanya merubah kebiasaan petani garam lokal yang tidak mudah untuk menciptakan garam berkualitas tinggi dimana dibutuhkan 10 hari untuk mendapatkan garam tersebut.

Materi- materi pelatihan :

  1. Perencanaan dan Peluang Pengembangan Kerjasama Bumdesma
  2. Peluang Usaha Garam di Kab. Pati
  3. Pembinaan Ikm Produksi Garam Komsumsi Beryodium Sesuai Standart di Kabupaten Pati.

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan