Kegiatan Operasional Lini Lapangan Kampung KB dan Sosialisasi Pemberian Vaksin Covid 19

 

Batangan, 6 Maret 2021

Batangan – Bertempat di Balaidesa Bumimulyo, pada hari Sabtu tanggal 6 Maret 2021, Penyuluh Lapangan KB Kecamatan Batangan bersama Puskesmas Batangan mengadakan kegiatan Operasional Lini Lapangan Kampung KB sekaligus Sosialisasi Pemberian Vaksin Covid-19.

Dalam kegiatan tersebut membahas tentang rencana Pendataan Data Keluarga di Kecamatan Batangan. Pendataan Data Keluarga akan dilaksanakan pada tanggal 1 April – 31 Mei 2021. Untuk pendataan akan dilakukan secara online dan memakai formulir Pendataan Keluarga (F/I/PK/21). Kecamatan Batangan sendiri akan melaksanakan pendataan keluarga sebanyak 70% secara online dan 30% menggunakan formulir pendataan keluarga (F/I/PK/21).

 

 

Dalam hal ini pendataan Data Keluarga di Desa Bumimulyo sebanyak 669 Data Keluarga secara online akan dilakukan oleh Kader pendata. Di Desa Bumimulyo ada 4 orang Kader Pendata dan 1 orang Supervisor.

Tugas dari Kader Pendata adalah mencari data di lapangan. Setelah Kader Pendata melakukan upload data ke sistem online nantinya akan dimonitoring data oleh Supervisor Data. Kemudian Data tiap Desa yang sudah dimonitoring oleh Supervisor, akan dikroscek kembali oleh Manager Data di Kecamatan Batangan. Ibu Risti sebagai Manager Data di Kecamatan Batangan. Setelah proses dari Manager Data nantinya akan dikroscek kembali oleh Manager Pengelolaan Kecamatan Batangan oleh Ibu Retno. Dari Manager Pengelolaan akhirnya akan dikirimkan datanya langsung ke Website BKKBN.

 

 

 

Kegiatan selanjutnya diisi oleh Puskesmas Batangan tentang Sosialisasi Pemberian Vaksin Covid 19. Pemberian vaksin merupakan salah satu upaya yang dinilai paling efektif untuk mengatasi pandemi COVID-19 yang masih terus berlangsung.

Vaksinasi dilaksanakan untuk melengkapi upaya pencegahan penyakit COVID-19, seperti memakai masker, mencuci tangan, juga menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Vaksinasi  merupakan prosedur pemberian suatu antigen penyakit, biasanya berupa virus atau bakteri yang dilemahkan atau sudah mati, bisa juga hanya bagian dari virus atau bakteri. Tujuannya adalah untuk membuat sistem kekebalan tubuh mengenali dan mampu melawan saat terkena penyakit tersebut.

Sebenarnya, sistem kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit bisa terbentuk secara alami saat seseorang terinfeksi virus atau bakteri penyebabnya. Namun, infeksi virus Corona memiliki risiko kematian dan daya tular yang tinggi. Oleh karena itu, diperlukan cara lain untuk membentuk sistem kekebalan tubuh, yaitu vaksinasi.

Kecamatan Batangan akan melaksanakan Vaksinasi covid19 kepada Lanjut Usia (Lansia) sebanyak 300 kuota orang yang akan memperoleh vaksinasi tersebut. Untuk kuota di Desa Bumimulyo sebanyak 19 orang yang akan dilaksanakan pada hari Selasa, 9 Maret 2021 di Puskesmas Kecamatan Batangan.

 

-Dian Rahmasari-

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan