ECOTIK YANG EKSOTIK….

Ecotik adalah singkatan dari Ecoprint Batik. Ecoprint Batik adalah salah satu teknik untuk membuat motif batik pada kain. Teknik ecoprint mulai menjadi trend semenjak beberapa tahun terakhir. Teknik ecoprint terbilang unik  karena memanfaatkan bahan-bahan alami dari tumbuhan disekitar kita sebagai sumber pola dan warna bahan-bahan ini berasal dari bunga, daun, batang dan bagian tumbuhan yang lain.

Pemerintah Desa Bumimulyo Kecamatan Batangan Kabupaten Pati Jawa Tengah pernah memanfaatkan Dana Desa Tahun 2020 untuk memberikan pelatihan keterampilan membatik ecoprint kepada 21 warga. Keahlian membuat ecoprint diharapkan bisa meningkatkan perekonomian keluarga dan desa. Sampai saat ini mereka masih aktif membuat batik ecoprint tersebut.

Batik ecoprint itu sangat unik karena pasti hampir tidak pernah ada yang sama motifnya. Seperti ini motif-motinya:

 

 

Batik ecoprint batik ini dimodali dan dipasarkan oleh Bumdesa Tambak Jaya dimana pernah  ditetapkan sebagai Juara 2 versi Juri dan Favorit 5 versi voters medsos dalam Festival Desa Lestari 2020 Provinsi Jawa Tengah. Bumdesa ini satu-satunya perwakilan dari Kabupaten Pati tahun lalu. Setelah ditetapkan jadi pemenang tersebut, bumdesa ini sering dijadikan tempat studi banding.

BUMDes Tambak Jaya Desa Bumimulyo sudah mempunyai banyak produk unggulan desa, seperti olahan makanan hasil laut, batik tulis Asem Mujil Ecoprint dengan berbagai kreasinya, Terasi oven, bumbu kuning instan, kerupuk ikan.

Kegiatan pembuatan Batik ecoprint dan batik asem Mujil ini dipelopori oleh Ibu Muryanti yang juga guru di SMAN 1 Jakenan Kabupaten Pati.

 

Apabila ada yang berminat untuk studi banding, belajar membatik, membeli kerajinan batik ecoprint, batik asem mujil atau produk-produk yang dihasilkan bumdesa ini bisa menghubungi:

  1. Ibu Ratna 081649001174.
  2. Bapak Faisol 082122319870.

 

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan